October 11, 2019

Cara Membuat Sambal Matah Sederhana dan Enak

Hallo semua, apakabar?
Well, kali ini aku mau share resep masakan nih. Bukan masakan inti sih, lebih ke pelengkap alias sambal. (sambal masuk kualifikasi apa sih? tau deh! hehehe)

Kalian sudah pernah coba sambal matah? Yep, sambal asli khas bali. Awalnya pernah nyoba pas makan di salah satu resto di kota klaten. Penasaran aja sama rasanya. Habis nyoba ketagihan dong. Sambelnya pedes, enak, gurih dan wangi gitu karena ada daun jeruknya. Setelah itu kalau pesen makanan yang ada pilihan sambel matahnya pasti pesan yang itu.

Iseng-iseng kemarin coba cari-cari info cara membuat sambal matah. Karena banyak sekali versi yang ada (kebanyakan juga dimodif sama orang luar bali). Aku akhirnya mencoba resep dari komentar salah satu netizen yang berasal dari Bali. Coba membuat takaran sendiri pake insting dan hasilnya tarrraaa....rasanya memang MANTUL! Mantap Betul! This is it


RESEP SAMBAL MATAH




Bahan :
- Satu genggam bawang merah, kupas dan iris halus.
- 5 buah cabe rawit (bisa ditambah kalau ingin lebih pedas), iris halus.
- 1 batang serai, ambil putihnya lalu rajang halus.
- Terasi bakar secukupnya
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya.
- Daun jeruk secukupnya (buang tangkainya lalu iris halus).
- Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat :
- Masukkan semua bahan ke satu wadah kecuali minyak goreng. Remas-remas pake tangan atau aduk pakai sendok hingga tercampur rata.
- Panaskan minyak goreng. Lalu siramkan ke wadah sambal. Tarraa... Sambal Matah siap disajikan.


Sambal Matah bisa dimakan dengan ayam / ikan. Kalau kemarin aku jadikan satu dengan suwiran ayam. Buat yang suka pedas dijamin rasanya mantap!

SELAMAT MENCOBA!


No comments:

Post a Comment