July 24, 2014

Resep Putu Pelangi

Sebenarnya ini aku mencoba resep Bolu Gulung Kukus Rainbow dari Mbak Ita (salah satu blogger yang suka memposting aneka resep roti buatannya). Tapi karena hasil akhir buatan Bolu Gulungku kurang menarik ku coba coba deh kukus pake cetakan Putu Ayu... eh malah kelihatan lebih menarik bahkan adikku yang paling kecil, Indri seneng banget dan minta dibuatin lagi buat ta'jil di TPA, jadi aku namakan saja hasil kreasiku ini dengan nama PUTU PELANGI.
So here it it the Recipe


PUTU PELANGI

Bahan :

Bahan A:
150 gr gula pasir
6 kuning telur
4 putih telur
1 sdt SP

Bahan B:
80 gr tepung terigu
10 gr tepung maizena
10 gr susu bubuk
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam
===> Campur dan aduk semua bahan hingga rata


Bahan C:
100 ml minyak goreng berkualitas bagus

Bahan D:
Pewarna Makanan Merah, Orange, Kuning, Hijau, Biru, Ungu ( sesuai selera)

Cara Membuat:

1. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi putih dan kental (soft peak), jika baling2 mixer diangkat keatas adonan tidak mudah jatuh.
2. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit hingga habis tetap dengan menggunakan mixer kecepatan rendah.
3. Tuangkan bahan C dan mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga adonan benar2 tercampur rata.
4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dalam mangkok2 kecil (sesuai kita mau membuat berapa warna), beri pewarna makanan sesuai selera kadar kepekatan warnanya. Kemudian setiap adonan masukkan kedalam plastik segitiga (piping bag) untuk memudahkan memasukan adonan ke dalam cetakan
6. Gunting ujung piping bag kira2 selebar 2 cm, kemudian semprotkan perlahan kedalam cetakan berselang seling sesuai selera.
7. Kukus adonan kedalam panci pengukus atau kelakat selama 10 menit atau hingga matang. Gunakan api kompor yang sedang saja besarnya, yang perlu diperhatikan panci pengukus harus dipanaskan kurang lebih 15 menit sebelum adonan dimasukkan untuk dikukus.
8. Angkat dan sajikan

hasil adonan yang sudah diberi warna dan dimasukkan ke plastik segiting / piping bag
TIPS : 
Saat memberi warna makanan masukkan sedikit sedikit biasanya 5 tetes sudah cukup. Jangan sampai terlalu banyak karena hasil akhir habis dikukus akan mencolok sekali warnanya.
Kalau mau dimasukkan loyang, olesi loyang dengan minyak sayur bagian dasarnya saja lalu beri kertas roti dan olesi minyak lagi. Bagian sampingnya jangan diolesi minyak karena nanti hasil jadi kue jadi mengkerut

Adonan yang ku masukkan di loyang 26x26x4

No comments:

Post a Comment