September 13, 2014

Resep Pancake / Martabak Mini Enak dan Mudah

Kali ini aku ingin berkreasi bikin pancake, dan resep yang ku pakai kali ini dari Resep Martabak Manisnya Mbak Ita (Griya Dapur Khayangan). Mencoba ini sih sudah dari bulan Agustus 2014 cuma baru sempat post bulan September hhe #Peace. Btw, karena aku enggak punya pan untuk martabaknya dan punyanya cetakan kue apem... So aku coba buat Pancake sajalah Toh Tampilannya juga enggak kalah bagusnya hhe
Inilah resepnya yang ku kreasikan, silahkan buat teman2 yang mau mencoba

RESEP PANCAKE 

Bahan

Bahan A:
250 gr tepung terigu
50 gr gula pasir
1 sdt baking powder 
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam halus

Bahan B:
1 butir telur kocok lepas
380 ml air putih 
=> Campur jadi satu, aduk hingga rata

Bahan C:
1 sdt soda kue
1 sdm air putih
=> Campur jadi satu, aduk hingga soda kue larut dlm air*

Bahan Tambahan:
Gula Pasir untuk taburan secukupnya
Pasta Pandan dan Coklat secukupnya (jika suka)

Bahan Olesan dan Topping:
Butter / Margarine
Meses  (keju parut jika suka)
Susu Kental Manis

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan kering (bahan A) : tepung terigu, baking powder, gula pasir, vanili bubuk dan garam kedalam mangkok besar. Tuangi air dantelur (bahan B) sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan wisk hingga rata tidak bergumpal dan licin / encer. Jika perlu disaring (kalau saya lebih suka diaduk terus sampai benar benar halus karena kalau pakai disaring ribet hhe)

2. Istirahatkan adonan untuk kurang lebih 1 jam. Lalu masukkan Bahan C. Jika ingin buat dengan berbagai rasa, bagi adonan menjadi beberapa sesuai rasanya. Aku suka buat dengan 3 rasa original (adonan asli), pandan dan coklat. Jadi adonan yang ada aku bagi menjadi 3 mangkok, untuk rasa pandan dan coklat ku tambahkan masing-masing pasta kira-kira 1/2 sdt.

3. Panaskan cetakan, kurang lebih 20 menit sebelum untuk memanggang dengan api kecil. Olesi loyang dengan minyak sayur. Setelah cetakan panas tuang adonan kalau takaran saya satu sendok sayur lalu tekan bagian tengah sehingga pinggir loyang tertutup adonan tipis, tunggu sampai keluar lubang pori-pori, taburi gula pasir dan tutup dengan penutup cetakan, biasanya kurang lebih 10 menitan sudah matang. Bila sudah matang angkat.

7. Olesi permukaan martabak manis dengan margarin / butter, juga bagian dalamnya. lalu taburi meses dan susu kental manis, jika suka beri paruta keju. Sajikan Hangat, untuk resep ini bisa jadi sekitar 20 pancakes. 

SELAMAT MENCOBA ^_^

TIPS: 
- Untuk olesan minyak sayur pada loyang sekali saja saat permulaan, selanjutnya tidak usah dioles agar hasil lebih kering dan renyah.
- Kalau adonan ingin disimpan lebih dari 6 jam, bisa disimpan di kulkas. Saat ingin dimasak bisa didiamkan sampai sesuai suhu ruangan lalu tambahkan Bahan C agar adonan bersarang bagus.

No comments:

Post a Comment